8 Manfaat Latihan Yoga Untuk Kesehatan Anda

Aktivitas latihan yoga semakin diminati oleh banyak kalangan di Indonesia setelah memperlihatkan manfaatnya dalam mencegah, mengobati, dan membalikan kondisi berbagai macam penyakit – seperti penyakit jantung – semenjak 30 tahun yang lalu. Pada saat itulah, gagasan tentang yoga untuk dimasukkan ke dalam metode pengobatan modern mulai dikembangkan secara perlahan namun pasti.

Para peneliti dan ahli sendiri – dimulai dari para dokter, ahli saraf, psikolog, dan bersama peneliti lainnya – telah mempelajari dan menemukan bahwa ternyata latihan yoga pun turut mempengaruhi kesehatan anda baik secara mental maupun fisik, sehingga bisa digunakan sebagai bantuan terhadap pengobatan di hampir semua jenis penyakit yang mungkin tengah anda derita saat ini.
8 Manfaat Latihan Yoga Untuk Kesehatan Anda
Faktanya, tidak hanya orang dewasa saja yang memperbolehkan melakukan latihan yoga, tetapi baru-baru ini yoga untuk anak-anak pun sudah semakin populer dan diminati oleh masyarakat di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Alasannya tentu saja karena yoga mampu memberikan sejuta manfaat bagi siapa saja yang melakukannya.

Nah secara spesifiknya, kami telah merangkum untuk anda beberapa manfaat luar biasa dari latihan yoga untuk kesehatan anda. Dirangkum dari berbagai macam sumber, berikut adalah manfaat yoga yang bisa anda petik jika dilakukan secara teratur.

Penghilang Rasa Sakit
Yoga telah memperlihatkan efeknya sebagai penghilang rasa sakit terhadap beberapa jenis penyakit kronis. Ketika para peneliti dari Jerman membandingkan antara latihan yoga dengan ‘program latihan perawatan diri’ memperlihatkan bahwa ternyata latihan yoga cenderung lebih mampu mengurangi rasa sakit leher kronis hingga setengahnya.

UCLA pun tidak mau ketinggalan dengan melakukan penelitian yang melibatkan beberapa orang wanita muda penderita reumatik, dan memperlihatkan bahwa sejenis gangguan autoimun yang menyerang persendian tersebut cenderung mampu dikurangi rasa sakitnya setelah 6 minggu berturut-turut menjalani latihan yoga secara teratur. Bahkan rasa cemas dan depresi akibat penyakit tersebut pun turut hilang setelahnya.

Mengatasi Depresi
Di zaman serba cepat dan canggih saat ini, tidak jarang banyak orang yang mengalami depresi karena tekanan aktivitas dan kesibukan mereka. Tetapi jika anda mampu memberikan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas latihan yoga, maka gangguan mental seperti depresi tersebut mampu diatasi secara signifikan.

Masih menurut penelitian yang dilakukan oleh UCLA di tahun 2007 menemukan bahwa mereka yang mengalami depresi cenderung mampu sembuh dari gangguan mentalnya tersebut setelah melakukan latihan yoga sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 8 minggu berturut-turut. Tentu saja, efek tersebut bisa lebih efektif dan terjadi dalam jangka panjang daripada antidepresan yang hanya bertahan dalam beberapa jam atau beberapa hari saja.

Menjaga Otak Anda Tetap Tajam
Beberapa jenis meditasi seringkali memusatkan perhatian pada diri sendiri, baik itu dengan cara menyingkronisasikan pernafasan dengan pergerakan, maupun hanya terfokus pada pola pernafasan saja. Ternyata, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas tersebut mampu membantu otak anda bekerja menjadi lebih baik.

Latihan yoga yang melibatkan meditasi juga sudah dikaitkan secara kuat dengan kemampuan daya perhatian dan kontrol diri sendiri. Teori ini tentu telah diamini oleh penelitian yang membuktikan bahwa bagian dari korteks serebral – yaitu sebuah area diotak yang terkait denga proses kognitif yang menipis seiring dengan berjalannya usia seseorang – cenderung mampu berubah menjadi tebal kembali jika seseorang tersebut rajin melakukan meditasi dalam jangka panjang, sehingga akan tetap menjaga agar kemampuan otak anda tetap tajam.

Lebih Mudah Tertidur dan Beristirahat
Kemajuan zaman semakin membuat anda semakin sibuk, sehingga dapat berefek pada kesehatan mental anda. Salah satu yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang adalah insomnia, yaitu sejenis gangguan yang membuat anda kesulitan tidur di malam hari, atau sulitnya mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tetapi untungnya, sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini oleh Duke Unversity berhasil menganalisa dan menemukan adanya keterkaitan antara berlatih yoga dengan membuat anda menjadi lebih mudah tidur, atau mengatasi masalah gangguan tidur anda di malam hari.

Sebut saja Asana, salah satu nama jenis yoga yang berfokus pada peregangan dan merelaksasikan otot-otot, dan latihan pernafasan untuk memperlambat denyut jantung anda, sehingga membantu anda menjadi lebih rileks dan mudah tertidur di malam hari.

Mengurangi Peradangan
Peradangan sebenarnya baik untuk tubuh anda, karena bisa membantu proses penyembuhan jika terdapat luka di sana. Tetapi jika peradangan tersebut tak terkontrol, maka akan memicu sebuah kondisi yang disebut dengan peradangan kronis. Jeins gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, termasuk stres dan gaya hidup yang jelek (seperti kurang bergerak). Bahkan peradangan kronis sendiri telah dikaitkan secara langsung dengan beberapa jenis penyakit mematikan.

Tetapi yoga sendiri mampu membantu anda mengurangi peradangan kronis tersebut secara lebih efektif. Temuan ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari Ohio State University yang menunjukkan bahwa berlatih yoga secara teratur mampu mengurangi kadar sel imun penyebab peradangan yang disebut sebagai IL-6.

Menjaga Jantung Tetap Sehat
Meskipun pencegahan dan pengobatannya sudah semakin maju dari tahun ke tahun, tetapi penyakit jantung masih tetap menjadi pembunuh nomor 1 baik untuk pria maupun wanita. Perkembangan dari penyakit ini dipengaruhi oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Jika anda tengah memiliki beberapa faktor penyebab penyakit jantung seperti di atas, maka sudah saatnya anda memulai berlatih yoga demi mencegah kondisi anda tersebut berkembang menjadi penyakit jantung. Bahkan yoga sendiri dapat memotong frekuensi terjadinya fibrilasi atrium secara signifikan, yaitu sejenis gangguan irama jantung berbahaya yang dapat meningkatkan resiko anda terkena stroke dan mengarah ke gagal jantung.

Mengatur Tekanan Darah
Seperlima dari mereka yang menderita tekanan darah tidak pernah mengetahui bahwa yoga dan meditasi mampu mengatasi kondisi mengerikan tersebut. Kedua latihan ini bisa memperlambat denyut jantung dan mendorong respon relaksasi, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah anda ke kadar yang lebih aman.

Para peneliti dari University of Pennsylvania juga baru-baru ini melakukan salah satu uji coba terkontrol secara acak atas efek yoga terhadap tekanan darah. Mereka kemudian menemukan bahwa latihan Yoga selama 12 minggu ternyata lebih mampu mengurangi tekanan darah daripada sekedar mengkonsumsi makanan sehat dan diet menuruntkan berat badan.

Sumber Energi
Selain dapat mengatasi berbagai macam gangguan seperti yang sudah dijelaskan di atas, yoga pun bisa menjad sumber energi melimpah untuk anda. Hal ini karena jenis olahraga tersebut dapat menguatkan otot-otot anda. Bayangkan saja, beberapa aktivitas yoga seperti berdiri dengan pose tertentu, inversi, dan mengangkat serta menggerakan tubuh anda sendiri, tentu akan menantang otot-otot anda sehingga mampu tumbuh menjadi lebih tebal dan kuat. Efeknya, anda akan memiliki lebih banyak sumber energi alami secara langsung.

No comments:

Post a Comment