10 Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Kulit Anda yang Harus Dihindari

Pepatah lama selalu mengatakan “apa yang anda tanam, itulah yang akan anda tuai”, dan sepertinya nasihat orang tua tersebut pun berlaku untuk jenis makanan yang anda makan. Jika anda malas atau ngeyel untuk tidak mengatur pola makan anda, maka tentu saja bisa berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh anda. Karena faktanya, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa mendatangkan berbagai macam penyakit, termasuk membuat kulit anda menjadi tidak sesehat seperti biasanya.

Sebut saja karbohidrat rafinasi, gula, atau lemak trans sudah terbukti dapat merusak kulit anda dari dalam. Bahkan menurut seorang ahli kulit sekaligus penulis dari “The Sugar Detox” mengatakan bahwa asupan makanan rendah nutrisi dapat berefek buruk terhadap kulit anda sama halnya ketika anda tengah merokok. Hal ini karena asupan makanan sembarangan yang kurang menyehatkan dapat menyebabkan peradangan, sehingga nantinya akan membuat anda terlihat lebih tua dengan cara memicu stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan kolagen dan DNA anda.
10 Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Kulit Anda yang Harus Dihindari
Maka dari itulah, sangat penting sekali untuk selalu memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Dari banyaknya daftar makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi, berikut telah kami rangkumkan daftar makanan yang buruk untuk kesehatan kulit anda. Pastikan anda untuk menghindarinya atau mengurangi porsinya.

Permen
Di Indonesia seringkali mengkaitkan antara masa remaja dan jerawat, sehingga gangguan kulit tersebut dianggap alami terjadi ketika seseorang sudah mulai menginjak usia ABG. Tetapi sebenarnya, asupan makanan memainkan peran penting akan kemunculan jerawat pada anak-anak tersebut. Dan seperti yang kita tahu bahwa usia belasan tahun memang sangat rentan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kurang menyehatkan dari waktu ke waktu.

Sebut saja permen atau beberapa makanan yang mengandung pemanis buatan lainnya, yang mana dapat menurunkan kolagen dan elastin, yaitu sejenis protein yang dapat menjaga kulit anda tetap halus, kenyal, dan bersinar. Jadi tumbuhnya jerawat pada usia remaja bukanlah sesuatu hal yang wajar jika anda tahu bagaimana cara menjaga asupan makanan ke dalam perut anda.

Margarin
Pada dasarnya, lemak sangatlah dibutuhkan oleh tubuh anda untuk menjalankan berbagai macam fungsi, salah satunya adalah menjaga agar kulit anda tetap lentur. Tetapi tidak semua jenis lemak itu diciptakan sama. Adapun beberapa jenis lemak seperti lemak trans yang bisa anda temukan dalam margarin dan dapat memicu dehidrasi. Terlebih menurut sebuah penelitian dari Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan margarin yang tinggi telah dikaitkan dengan resiko meningkatnya kerutan di kulit anda.

Cereal Sarapan
Banyak produsen cereal menyebutkan melalui labelnya bahwa makanan yang mereka produksi sangatlah menyehatkan. Tetapi tetap jangan lengah karena kebanyakan cereal yang telah beredar di pasaran sudah termasuk ke dalam makanan berindex glimek tinggi, sekaligus dikemas dengan gula tambahan yang dapat memicu kerutan di kulit karena lonjakan glukosa di dalam tubuh anda. Untuk lebih amannya, pastikan anda memilih cereal yang terbuat dari gandum utuh.

Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji kini kian digemari di Indonesia, karena selain rasanya yang lezat dan membuat anda ketagihan, makanan jenis ini cenderung mudah ditemukan di mal dan pusat perbelanjaan lainnya. tetapi sayangnya, sama dengan cereal di atas, fast food juga merupakan makanan indeks glikemik tinggi dan mengandung lemak jenuh yang dapat memberikan resiko mengerikan terhadap kesehatan anda, termasuk kulit. Bahkan menurut Journal of The American Academy of Dermatology mengatakan bahwa jenis makanan ini dapat memberikan resiko lebih tinggi anda terkena jerawat.

Susu
Minuman putih ini mungkin sangat bermanfaat untuk tubuh dan tulang anda, tetapi sayangnya memiliki efek sebaliknya terhadap kulit anda. Hal ini karena susu dikemas dengan faktor dan hormon pertumbuhan yang tetap aktif secara biologis bahkan setelah menjalani proses pasteurisasi. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat masuk ke aliran darah dan mempengaruhi insulin anda secara langsung, sehingga dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi minyak berlebih.
Selain itu, hormon yang terdapat dalam susu juga dapat mengganggu keseimbangan hormon alami dalam tubuh anda. Secara khusus, kelebihan estrogen (hormon pertumbuhan pada wanita) di dalam sistem anda diduga kuat sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Kacang Kedelai
Banyak orang lebih memilih susu dari kacang kedelai sebagai alternatif dari susu sapi, tetapi sayangnya tidak bisa dipilih begitu saja jika menyangkut masalah kesehatan kulit. Hal ini karena kacang kedelai pun mengandung fitoestrogen, yang meniru hormon estrogen ketika diserap oleh tubuh anda.
Sama halnya dengan hormon pertumbuhan yang bisa anda temukan dalam susu sapi di atas, fitoestrogen juga dapat mengganggu keseimbangan hormon alami dalam tubuh anda, sehingga akan meningkatkan jumlahnya menjadi terlalu banyak. Seperti yang sudah kita tahu bahwa terlalu banyak kadar estrogen telah dikaitkan dengan kemunculan jerawat. Jadi berhati-hatilah!

Jus dan Soda
Jus buah memang menyegarkan dan menyehatkan, tetapi jika anda menambahkan gula ke dalamnya, maka bisa berakibat fatal terhadap kesehatan kulit anda, terutama jika terdapat kandungan soda di dalamnya. Minuman bersoda rasa buah sudah bisa anda dapatkan dengan mudah di sekitar anda – apapun jenis merk-nya. Kabar buruknya, minuman tersebut sangatlah rendah akan kandungan serat yang mana bertugas dalam mencegah ayunan gula darah dalam tubuh anda.
Hasilnya, terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dan bergula dapat berefek terhadap kulit anda secara langsung, sehingga beresiko mengalami kerutan di usia muda.

Keripik
Dikemas dengan karbohidrat olahan atau rafinasi, makanan renyah ini juga ternyata dapat meningkatkan peradangan yang memicu stres oksidatif perusak kolagen dan DNA anda. Jika anda mengkonsumsinya dalam jangka panjang dari waktu ke waktu, maka kemungkinan besar kulit anda akan mengalami kerutan, garis-garis halus, dan terlihat tua sebelum waktunya. Bahkan menurut sebuah penelitian dari Journal of Drugs in Dermatology pada tahun 2014 menemukan bahwa karbohidrat rafinasi merupakan penyebab utama munculnya jerawat pada orang dewasa.

Sirup Agave
Seringkali disebut sebagai pemanis alternatif, sirup manis ini terbuat dari beberapa spesies tanaman agave yang ternyata dikemas pula dengan sejumlah fruktosa di dalamnya. Fruktosa sendiri akan dimetabolisme oleh hati anda, dan kemudian akan berubah menjadi lemak serta merusak kolagen langsung dari dalam. Artinya, sirup agave sebenarnya tidak cocok jika disebut sebagai pemanis alternatif karena efeknya malah terlihat lebih berbahaya dari jenis gula meja biasa.

Gluten
Gluten merupakan sejenis protein yang ditemukan dalam gandum dan biji-bijian. Tetapi tidak berhenti sampai di sana, protein ini juga berhasil menyelinap ke berbagai macam makanan yang biasa anda konsumsi sehari-hari seperti saus, bumbu kemasan, dan daging terproses. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mampu mencerna gluten tersebut.

Cara gluten merusak kulit anda memiliki proses yang cukup unik. Pertama, terdapat sejenis protein yang diproduksi oleh sistem pencernaan anda bernama zonulin. Tugas dari zonulin ini adalah untuk mengendalikan pengaturan ‘persimpangan ketat’, sehingga mampu mencegah partikel makanan dan patogen yang tidak tercerna bocor ke aliran darah anda. Tetapi gluten yang anda konsumsi akan meningkatkan produksi zonulin, sehingga akan merusak ‘persimpangan ketat’ itu sendiri.

Saat itu terjadi, sistem kekebalan tubuh anda akan langsung bereaksi dan cenderung memberikan gejala berupa peradangan dan jerawat di kulit anda.

No comments:

Post a Comment